Opo Jare Kapten Hamka Hamzah

Persija Punya Marko Simic, Milo: Arema Punya Hamka dan Arthur
Hamka Hamzah (C) DANI KRISTIAN

“Opo jare (apa kata) Kapten Hamka Hamzah” merupakan sebuah ungkapan lumrah di kalangan awak media kala itu. Bek tengah yang hari ini (29/1/2021) genap berusia 37 tahun itu menyandang ban kapten Arema selama dua setengah musim.

Pemain asal Makassar itu pertama kali memperkuat Arema di Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016. Sempat hengkang, Hamka kembali ke Arema di tengah musim Liga 1 2018, hingga kontrakmya berakhir di musim berikutnya.

Efek kembalinya Hamka di putaran kedua Liga 1 2018 dinilai yang paling terasa. Arema yang saat itu berjuang lepas dari zona degradasi disebut cocok mendatangkannya sebagai sosok yang katanya lihai mengangkat mental tim di lapangan.

Hasilnya, Arema mampu mengakhiri musim di peringkat keenam di klasemen akhir Liga 1 2018. Hamka pun sukses mengambil alih jabatan kapten tim hingga Liga 1 2019, meski sayang di akhir kompetisi Arema melorot ke posisi 9.

Apa Sih Opo Jare Kapten Hamka Hamzah?

Kalimat Opo jare Kapten Hamka Hamzah kerap menjadi senjata andalan si pemain untuk menolak halus wartawan yang hendak mewawancarai. Alih-alih mengiyakan, Hamka justru kerap menunjuk pemain Arema lainnya untuk menggantikannya diinterview.

Hamka memang salah seorang pemain yang sangat tergantung mood mau tidaknya diwawancarai. Pemain yang pernah melewatkan masa mudanya bermain di Persebaya Surabaya itu hanya muncul dan berstatemen di saat-saat krusial saja, mengingat jabatannya sebagai kapten.

“Jangan saya, itu lho si Anu (menyebutkan nama). Bilang saja disuruh kapten, pasti mau. Opo jare (apa kata) Kapten Hamka Hamzah,” tegas pemain yang saat ini memperkuat Persita Tangerang itu.

Selamat ulang tahun Kapten!

---
Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.