PON 2020 Papua Resmi Ditunda Tahun Depan

PON 2020 Papua Resmi Ditunda Tahun Depan

Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia mengumumkan PON 2020 Papua resmi ditunda, Kamis (23/4/2020) siang. Pekan Olahraga Nasional itu akhirnya ditunda tahun depan.

Keputusan penundaan ajang olah raga yang diikuti seluruh kontingen provinsi se-Indonesia itu diambil oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Keppastian itu keluar setelah mengadakan rapat terbatas bersama Kemenpora RI.

Sedianya, PON 2020 dijadwalkan akan digelar pada 20 Oktober-2 November mendatang. Sesmenpora, Gatot S. Dewa Broto menjelaskan, ajang olahraga itu batal digelar sesuai rencana karena adanya pandemi virus corona (covid-19) yang juga merebak di Indonesia.

“Setelah mendengarkan laporan dari Menko PMK dan Menpora dan beberapa peserta rapat lainnya, akhirnya Bapak Presiden memutuskan untuk pelaksanaan PON 2020 ini ditunda. PON yang tadinya direncanakan pada bulan Oktober 2020 ditunda menjadi bulan Oktober 2021,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Pertimbangan PON 2020 Papua Ditunda

Zainudin Amali menjelaskan, penundaan PON 2020 Papua berdasarkan beberapa pertimbangan. Yang utama adalah karena pandemi virus corona (covid-19) yang belum mereda hingga kini.

Adanya imbauan tetap di rumah dan physical distancing membuat penyelesaian pekerjaan fisik venue yang masih berlangsung di Papua menjadi tertunda. Menurutnya, ketika venue belum dipakai, PON tentunya mau tak mau harus ditunda.

“Pandemi covid-19 ini membuat pengerjaan venue tertunda. Belum semuanya venue yang direncanakan siap digunakan cabang-cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada PON 2020 ini. Kondisi ini membuat pelaksanaan PON harus dituda,” tegasnya.