Alasan Milo Mainkan Hamka Hamzah Lawan Persebaya

Alasan Milo Mainkan Hamka Hamzah Lawan Persebaya
Hamka Hamzah (C) DANI KRISTIAN

Milomir Seslija memainkan Hamka Hamzah di laga melawan Persebaya Surabaya pada pekan ke-32 Liga 1 2019, Kamis (12/12/2019) kemarin. Pelatih Arema itu punya alasan tersendiri, meski kondisi sang kapten tim belum benar-benar fit 100 persen.

Sebelumnya, Hamka absen di laga melawan Kalteng Putra dan PSIS Semarang, karena menjalani pemulihan cedera hamstring. Namun, stopper 35 tahun itu tiba-tiba menyusul tim Arema ke Balikpapan sehari sebelum bertanding.

Kehadiran Hamka diharapkannya dapat mendongkrak mental tim usai dibantai 5-1 oleh PSIS di laga sebelumnya. Terlebih, sebelum kalah 1-4 dari Persebaya ini, Arema tidak bisa menang dalam lima laga terakhirnya.

“Kami mainkan Hamka karena saya tahu dia bisa memberikan motivasi seperti bos tim ini. Dia juga bisa memberikan kepercayaan diri pada pemain lain, seperti yang biasa dilakukannya. Dia pemain berpengalaman,” kata Milo, sapaan akrab sang pelatih.

Membuat Kesalahan dan Satu Gol

Hamka Hamzah membuat kesalahan fatal meski mampu menutupinya dengan satu gol saat Arema kalah 1-4 dari Persebaya. Namun, Milo dengan besar hati memaafkan.

Kesalahan itu terjadi ketika Hamka jatuh terjengkang saat mengawal David da Silva yang akhirnya melesakkan gol kedua bagi timnya. Kesalahan itu dibayar lunas dengan sebuah gol dari Hamka di menit pertama babak tambahan waktu babak kedua.

“Jangan salahkan Hamka saja, tapi salahkan semuanya, karena ini kesalahan kami sebagai satu tim. Bukan masalah kebugaran, tapi soal tanggung jawab. Hamka datang ke Balikpapan untuk membantu tim, dia mencoba dan terbukti mencetak satu gol. Tapi, okelah kami kalah, tapi dia sudah mencoba yang terbaik,” imbuhnya.

Lebih Berat Tampil Tanpa Hamka Hamzah

Terlepas dari skor kekalahan 1-4 dari Persebaya, Milo menegaskan lebih berat bagi timnya tampil tanpa Hamka. Hal itu sudah dirasakannya dalam beberapa pertandingan ketika pemain asal Makassar itu absen.

“Hamka mungkin tidak terlihat lebih baik dari lainnya, tapi dia mau mencoba dan berusaha keras, itu yang terpenting. Akan lebih berat jika kami bermain tanpanya,” pungkas pelatih 55 tahun ini.

---
Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.