Hadapi PSIS, Perlukah Arema Mengganti Kiper?

Hadapi PSIS, Perlukah Arema Mengganti Kiper?
Teguh Amiruddin (C) AREMA OFFICIAL

Arema meraih hasil yang kurang menyenangkan di matchday pertama dan kedua Grup A Piala Menpora 2021, yakni gagal menang dan selalu kebobolan. Lantas, perlukah Arema mengganti kiper utamanya saat menghadapi PSIS Semarang di matchday terakhir, Selasa (30/3/2021) nanti?

Sebelumnya, bermain di Stadion Manahan, Solo, Arema susah payah meraih hasil imbang 1-1 dengan PS TIRA-Persikabo (21/3/2021) dan dikalahkan Barito Putera 1-2 (25/3/2021). Dalam dua pertandingan tersebut, Pelatih Kiper Arema, Felipe Americo menurunkan Teguh Amiruddin sebagai sosok yang berdiri di bawah mistar gawang.

Meski gawang yang dijaga Teguh sudah kebobolan tiga gol, jika dibandingkan dengan tiga tim lainnya di Grup A, Arema paling sedikit kebbobolan. Lihat saja bagaimana PS TIRA-Persikabo, Barito Putera, dan PSIS Sematang sudah bobol empat kali gawangnya.

“Saya tidak mempermasalahkan berapa gol yang terjadi ke gawang Teguh. Ada beberapa aspek positif darinya, tapi ada yang masih perlu ditingkatkan. Dia hanya perlu terus berlatih keras,” kata Felipe kepada WEAREMANIA.

Jika Arema Mengganti Kiper, Siapa?

Jika Felipe Americo dan staf pelatih Arema ingin memainkan kiper selain Teguh Amiruddin, sebenarnya sah-sah saja. Apalagi, ada tiga kiper yang diboyong Arema ke Solo.

Masih ada nama Utam Rusdiyana dan Andryas Francisco yang bisa dijajal di matchday terakhir melawan PSIS. Masalahnya, apakah kiper-kiper itu siap secara fisik maupun mental jika dipasang sebagai kiper utama?

“Saya belum mau membahas soal pergantian kiper ini. Kalau pun ada pergantian kiper, itu harus saya bicarakan dulu dengan staf pelatih,” tandasnya.

Utam Rusdiyana atau Andryas Francisco?

Andai Felipe Americo memilih mengistirahatkan Teguh Amiruddi saat melawan PSIS, maka pilihan stok kiper tinggal Utam Rusdiyana dan Andryas Ciko Francisco. Keduanya tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Masalahnya, Utam diboyong ke Solo pekan lalu dalam kondisi yang tidak fit 100 persen lantaran gejala tipus yang dideritanya. Sementara, Ciko yang merupakan kiper termuda Arema dinilai masih belum siap secara mental menghadapi laga dengan tekanan besar.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.