Hasil Liga 1 2022-2023 PSIS Semarang vs Arema FC, 21 Januari 2023

    Laga PSIS Semarang vs Arema FC di Liga 1 2022-2023 Pekan 19 baru saja berakhir. Skuad Singo Edan akhirnya harus puas mengakui keunggulan tim tuan rumah 1-0.

    Dalam laga yang digelar di Stadion Jatidiri, Semarang, Sabtu (21/1/2023), pukul 16.00 WIB ini kedua tim sama-sama gagal mencetak gol. PSIS baru mampu mencetak gol kemenangannya pada pengujung babak kedua, tepatnya di menit 80.

    Pertemuan ke-36 kedua tim ini bisa disaksikan Aremania dan Aremanita secara langsung di Indosiar dan aplikasi Vidio.com. Berikut ini jalannya pertandingan babak pertama dan kedua.

    Inilah Jalannya Babak Pertama Laga PSIS Semarang vs Arema FC

    Peluang pertama di babak pertama datang dari Fuji pada menit 9. Sebuah serangan balik PSIS lewat Taisei berujung sodoran kepada Luthfi, dan umpan cut back-nya disambar Fuji. Namun, bola masih melambung di atas mistar gawang Arema.

    Dua menit kemudian, Dedik yang lepas dari jebakan offside mencoba melepaskan tembakan kencang dengan kaki kanannya. Bola yang menyusur tanah masih mampu dihadang kiper Adi dengan kakinya.

    Fortes mendapatkan peluang emas pada menit 14 lewat sepakan plessingnya. Menerima umpan manis Fuji dari sisi kiri pertahanan Arema, bola yang disambut Fortes coba diangkat ke tiang jauh. Namun, bola masih melambung tinggi di atas mistar gawang yang dijaga Maringa.

    Selang semenit, Marukawa melepaskan umpan tarik dari sisi kanan pertahanan Arema. Bola yang coba disundul Fortes masih belum mengarah ke gawang Arema, melainkan meninggi.

    Pada menit 20, peluang kembali didapatkan PSIS lewat tembakannya menyyusur tanah. Membidik dari sisi kanan pertahanan Arema, bola yang disepaknya masih mampu dihadang oleh Maringa dan ditepis ke luar lapangan.

    Giliran Abel yang mengancam gawang PSIS pada menit 24. Kali ini sebuah kesalahan sapuan gagal Brandon dimanfaatkannya dengan mencocor bola. Sayang, sepakannya masih mengarah ke pelukan Adi yang menjatuhkan diri.

    Pada menit 38, tendangan spekulasi dari luar kotak penalti diluncurkan oleh bek tengah PSIS, Wahyu yang mencoba membantu serangan. Namun, bola itu masih terbag tinggi di atas kepala Maringa tak mengarah ke gawangnya.

    Sundulan kepala Sergio menjadi peluang kesekian bagi Arema. Menyambut umpan tarik Evan dari sisi kiri pertahanan PSIS, bola ditanduknya dengan kepala, tapi bola melebar ke sisi kanan gawang Adi.

    Jalannya Babak Kedua

    PSIS melakukan pergantian pemain di awal babak kedua ini. Taisei Marukawa ditarik keluar digantikan Riyan Ardiansyah.

    Peluang pertama didapatkan PSIS pada menit 47. Kali ini lewat sepakan Oktafianus yang lagi-lagi diselamatkan oleh Maringa dengan mudah.

    Dedik melepaskan tembakan spekulasi dari luar kotak penalti pada menit 52. Sayang, bolanya masih melebar ke sisi kanan gawang PSIS.

    Fortes mendapatkan peluang menyambut umpan tarik kaki kiri dari Oktafianus di sisi kanan pertahanan Arema pada menit 61. Tandukan kepalanya masih gagal mengarahkan bola ke gawang lawan.

    Pada menit 63, Arema melakukan pergantian dua pemain sekaligus, Adam Alis dan Gian Zola yang dimasukkan menggantikan Abel Camara dan Evan Dimas.

    Di saat yang bersamaan, PSIS pun mengganti satu pemainnya. Septian David Maulana ditarik keluar digantikan Ridho Syuhada.

    Pergantian pemain kembali dilakukan PSIS pada menit 69. Oktafianus Fernando ditarik keluar, Wawan Februanto dimasukkan.

    Peluang kembali datang dari PSIS pada menit 77 lewat sebuah serangan balik memanfaatkan kesalahan Sergio. Gocekan Ridho ternyata masih mampu dihadang oleh Sergio di dalam kotak penalti Arema.

    Semenit kemudian, Arema membalas lewat serangan balik cepat. Arkhan yang membawa bola melepaskan tendangan keras kaki kanan. Bola yang meluncur ke pojok kiri atas gawang PSIS masih sanggup diselamatkan Adi sambil terbang.

    GOL! PSIS akhirnya membuka keunggulan di menit 80 lewat Riyan Ardiansyah. Umpan sodoran Fortes diterimanya, sekali gocek, sepakan kaki kanan mengarah ke tiang dekat gagal diselamatkan oleh Maringa meski mencoba menjatuhkan diri.

    Arema kembali mengganti pemainnya dua orang sekaligus pada menit 85. Dendi Santoso dan Achmad Figo dimasukkan, sedangkan Rizky Dwi dan Arkhan Fikri ditarik keluar.

    PSIS juga ikut melakukan pergantian pemain semenit kemudian. Kartika Vedhayanto dimasukkan bersama Hari Nur menggantikan Carlos Fortes dan Wahyu Prasetyo.

    Tendangan bebas dari sisi kanan pertahanan PSIS menjadi peluang terakhir Arema. Renshi yang mendapatkan bola liar menyambatnya, tapi masih membentur Brandon.