Han Young-kuk, Oppa Korea Pertama yang Dikontrak Arema

Han Young-kuk, Oppa Korea Pertama yang Dikontrak Arema

Han Young-kuk memegang rekor sebagai Oppa Korea Selatan sekaligus pemain Asia pertama yang dikontrak Arema. Pemain berposisi sebagai gelandang itu memperkuat skuad Singo Edan di paruh musim Liga Indonesia (Ligina) 2001.

Young-kuk direkrut Arema setelah sebelumnya tim pelatih kedatangan pemain seleksi asal Jepang, bernama Sasaki Imei. Namun, pelatih Daniel Rukito saat itu tak tertarik dengan kemampuannya, sehingga mendatangkan pemain lain, yakni Young-kuk.

Sekitar tiga pekan dijalaninya sebagai masa seleksi sebelum akhirnya Daniel memutuskan mengontraknya. Young-kuk pun ditandemkan dengan Bamidele Frank Bob Manuel.

Debut pertama Young-kuk bersama Arema dijalaninya saat Arema menjamu PSM Ujungpandang (sekarang PSM Makassar) di Stadion Gajayana, Kota Malang (15/4/2001). Laga tersebut berakhir dengan kekalahan Arema 0-1 lewat gol Alexander Pulalo di menit 60.

Reputasi Mentereng Han Young-kuk

Daniel Rukito tak asal pilih pemain saat memutuskan memakai jasa Young-kuk di sisa laga Ligina 2001. Sebab, si pemain punya reputasi mentereng sebelum berlabuh ke Indonesia.

Young-kuk tercatat pernah membela Tim Nasional Korea Selatan di ajang Piala Dunia 1994 yang digelar di Amerika Serikat. Selain itu, Timnas Korea Selatan di Asian Games juga pernah diperkuat gelandang bertipikal pekerja keras ini.

Untuk level klub, Young-kuk pernah bermain di tim elit Liga Korea, Hyundai, dan memenangi gelar juara K-League 1996. Setelah itu, Young-kuk memutuskan merantau ke luar Korea untuk memperkuat sejumlah klub di negara Asia, seperti Malaysia, Thailand, Hong Kong, Cina, Indonesia, hingga akhirnya menetap di Vietnam.

Menjadi Asisten Pelatih Timnas Vietnam

Setelah gantung sepatu di Sai Gon Rock Club di V-League, Young-kuk memutuskan menjadi pelatih. Pada gelaran Asian Games 2018, si Oppa Korea ditunjuk sebagai Asisten Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang Seo.

Federasi sepakbola Vietnam (VFF) menunjuknya karena sudah lama berkecimpung dalam sepak bola Vietnam, baik sebagai pemain maupun pelatih. Selain itu, Young-kuk juga fasih berbahasa Vietnam.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.