Perjalanan Karier Aji Saka dari Lereng Gunung Semeru untuk Arema

Perjalanan Karier Aji Saka dari Lereng Gunung Semeru untuk Arema
Ajji Saka (C) DANI KRISTIAN

Menarik melihat perjalanan karier Aji Saka, yang hari ini (6/7/2021) genap berusia 22 tahun. Stopper kelahiran 6 Juli 1999 itu datang dari lereng Gunug Semeru, tepatnya Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang dan bergabung dengan Arema.

Pemain yang akrab disapa Saka itu sempat menimba ilmu sepak bola di Akademi Arema di usia 15 tahun. Namun, pada tahun 2016, Saka memutuskan mengembangkan kemampuan di luar Arema.

Dengan statusnya yang masih pemain Akademi Arema, Saka mengikuti Piala Suratin U-17 2016 bersama klub lokal Kabupaten Malang, Persekam Metro FC. Semusim berikutnya, Saka gabung klub Liga 3, Singhasari FC, yang juga dikelola Pemerintah Kabupaten Malang.

Dua tahun berkelana, Saka akhhirnya memutuskan kembali ke Akademi Arema. Kebetulan, saat itu tim junior Arema tengah bersiap menjalani Elite Pro Academy 2018.

Perjalanan Karier Aji Saka Hingga Sampai ke Tim Senior Arema

Penampilan Aji Saka bersama Arema U-19 di Elite Pro Academy membuatnya mendapatkan kesempatan berlatih bersama tim senior di pengujung Liga 1 2019. Di musim berikutnya, satu slot bersama tim senior Arema didapatkannya.

Saka naik kelas ke tim senior Arema sejak persiapan jelang Liga 1 2020 di bawah asuhan pelatih Mario Gomez. Pemilik jersey bernomor punggung 21 itu naik kelas bersama dengan sejumlah jebolan Akademi Arema lainnya, seperti Titan Agung Bagus Fawwazi, dan Vikrian Akbar.

Setelah Liga 1 2020 dibatalkan karena pandemi covid-19, nama Saka kembali direkomendasikan untuk bertahan di Arema. Perpanjangan kontrak disodorkan untuk pemain yang hobi memancing tersebut.

Tampil di Dua Turnamen

Sepanjang memperkuat Arema, Aji Saka memang belum pernah tampil di kompetisi, mengingat Liga 1 2020 dibubarkan saat baru memasuki tiga pekan pertama. Selain di laga uji coba, Saka cuma tampil di dua turnamen saja.

Turnamen pertamanya adalah Piala Gubernur Jawa Timur 2020 di mana Arema gagal di babak semifinal. Selanjutnya, pada pramusim ini, Saka sempat dimainkan di Piala Menpora 2021.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.