Ide Mahal Fernando Valente yang Membawa Perubahan Permainan Arema

- Advertisement -

Ada ide mahal Fernando Valente yang membawa perubahan permainan Arema sejak dilatihnya. Perubahan pelatih baru Arema itu membawa kemenangan perdana usai mengalahkan Persikabo 1973 di Pekan 10 Liga 1 2023-2024, Senin (28/8/2023).

Dalam debutnya, Arema dibawa menang 1-0 di kandang sendiri, Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. Dedik Setiawan menjadi pahlawan dengan gol tunggalnya ke gawang Persikabo di menit 30.

Menurutnya, ide-ide yang dibawanya tak jauh berbeda dari apa yang dimainkan di negaranya, Portugal. Begitu pula yang lumrah dilakukan pemain-pemain di liga-liga Eropa lainnya.

“Saya lihat, di banyak negara lain, di kompetisi-kompetisi yang ada, pemain banyak berlari. Tapi, kunci dan dasar pekerjaan saya, adalah membuat pemain paham bahwa kami perlu menguasai bola,” kata Fernando.

Ide Mahal Fernando Valente Punya Tingkat Kesulitan Cukup Tinggi

Fernando menyadari ide-ide yang diterapkannya di Arema saat ini punya tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Makanya, dibutuhkan tim yang terorganisir dengan baik dan seimbang.

“Tapi, semuanya dengan bola. Ini adalah hal yang paling sulit. Tapi, inilah yang saya percaya. Inilah yang menurut saya akan membuat kami bisa bermain dengan cara pandang berbeda dari tim lain. karena kami selalu fokus terhadap apa yang terjadi di sekitar bola,” imbuhnya.

“Ini adalah ide yang saya percaya dan akan saya berikan kepada pemain. Ini apa yang akan kita lakukan. Menguasi bola selama mungkin, karena hanya dengan bola kita bisa mencetak gol. bahkan, dengan bola pula kita bisa bertahan. Ketika kami menguasai bola, lawan tak bisa mencetak gol.”

Mengubah Cara Berpikir Pemain

Menurut Fernando, hal yang tak kalah pentingnya adalah mengubah cara berpikir pemain Arema dalam melihat ide. Harapannya, mereka memiliki cara pandang yang sama terhadap apa yang akan mereka terapkan di pertandingan.

“Kami perlu mengubah cara berpikir para pemain tentang melihat ide saya. Namun, dalam beberapa momen, para pemain sudah menunjukkan bahwa kami bisa menjalankan ide ini. Pada akhirnya, mungkin, kami bisa mencetak satu atau dua gol. Terpenting, pemain bisa stabil dan lebih percaya diri,” pungkasnya.

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Artikel Lainnya