5 Mantan Arema yang Memperkuat Persebaya, Persija, dan Persib

    Makan Konate mencetak satu gol penyama Arema melawan Persija
    Makan Konate mencetak satu gol penyama Arema melawan Persija

    Ada lima pemain yang pernah bermain untuk Arema, Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, dan Persib Bandung. Terbaru, Makan Konate menjadi mantan Arema yang memperkuat Persebaya, Persija, dan Persib.

    Tak sembarang pemain bisa bermain untuk Arema, Persebaya, Persija, dan Persib. Pemain itu haruslah mempunyai mental yang kuat mengingat antara Arema-Persebaya, maupun Persija-Persib ada sejarah rivalitas.

    Di anntara lima pemain itu, Konate merupakan satu-satunya pemain asing yang pernah berseragam keempat klub besar di Indonesia tersebut. Sementara, empat pemain lainnya merupakan pemain lokal.

    Inilah 5 Mantan Arema yang Memperkuat Persebaya, Persija, dan Persib

    1. Gendut Doni Kristiawan

    Gendut Doni adalah pemain berpengalaman yang tercatat membela 12 klub berbeda sepanjang kariernya di sepak bola. Penyerang kelahiran Salatiga itu pernah menjadi bagian dari Arema di Liga Indonesia 2005.

    Sebelum ke Malang, Gendut sempat berseragam Persija di musim 2002 dan Persebaya di musim 2004. Sementara, semusim setelah kontraknya habis di Arema (2006), Gendut membela Persib.

    2. Erik Setiawan

    Erik Setiawan menghabiskan kariernya cukup sering di Persib Bandung, yakni di musim 1999, 2001, 2003-2007. Tak disangka, di Indonesia Super League (ISL) 2008-2009 Arema mendatangkannya sebagai bek sayap anyar di bawah pelatih Bambang Nurdiansyah.

    Meski lama di Persib, pemain asli Bandung itu ternyata juga pernah membela klub rival, Persija Jakarta di ISL 2009-2010. Sebelum ke Arema, Erik pun pernah memperkuat klub rival, Persebaya Surabaya di musim 2002.

    3. Rachmat Afandi

    Rachmad Afandi menajdi bagian penting Arema saat mengangkat trofi juara Indonesia Super League (ISL) 2009-2010. Penyerang asal Jakarta itu sejatinya memulai karier dari Persija Jakarta di tahun 2002.

    Semusim setelah berseragam Persija, Afandi hijrah untuk memperkuat Persebaya Surabaya di Liga Indonesia 2003. Sementara, Persib Bandung diperkuatnya selepas mengantar Arema menjadi kampiun liga, tepatnya di ISL 2010-2011.

    4. Raphael Guillermo Eduardo Maitimo

    Sepanjang kariernya, Raphael Maitimo dikenal kerap berpindah-pindah klub, terutama setelah menjadi Warga Negara Indonesia. Pemain naturalisasi berdarah Belanda itu hadir di Arema dalam ajang Indonesian Soccer Championship (ISC) A 2016 saat dilatih Milomir Seslija.

    Sebelum ke Arema, pemain berposisi gelandang ini sempat tampil bersama Persija Jakarta di musim 2015. Setelah meninggalkan Malang, Maitimo memutuskan menjadi bagian dari Persib Bandung di Liga 1 2017, lalu ke Persebaya Surabaya di paruh musim Liga 1 2018.

    5. Makan Konate

    Makan Konate menjadi pemain terbaru dalam daftar langka ini setelah teken kontrak di Persija Jakarta di bursa transfer pemain paruh musim Liga 1 2021-2022. Sebelumnya, pemain berposisi gelandang serang itu lama di Persib Bandung sepanjang musim 2013-2015.

    Pemain berkewarganegaraan Mali itu masuk Arema di tengah musim 2018. Setelah satu setengah musim di Arema, Konate membelot ke Persebaya Surabaya di Liga 1 2020, meski kompetisi dihentikan di tengah jalan karena pandemi covid-19.

    Sebelum ke Persija, Makan Konate sebenarnya sangat-sangat diharapkan Aremania bisa kembali ke Arema, meski ada positif dan negatifnya. BACA: Inilah plus-minus kalau Makan Konate gabung Arema lagi.