Cerita di Balik Detik-detik Jelang Debut Takafumi Akahoshi

Cerita di Balik Detik-detik Jelang Debut Takafumi Akahoshi
Cerita di Balik Detik-detik Jelang Debut Takafumi Akahoshi (C) DANI KRISTIAN

Ada cerita mendebarkan di balik detik-detik jelang debut Takafumi Akahoshi di laga Arema FC vs PSIS Semarang di pekan ke-17 Liga 1 2019, Sabtu (31/8/2019) malam di Stadion Kanjuruhan Malang. Cerita itu diungkapkan General Manager Arema, Ruddy Widodo.

Hingga hari H pertandingan, nama Akahoshi belum sah bisa dimainkan Arema di laga tersebut. Semua persyaratan sudah dipenuhi, termasuk Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) dan Izin Menggunakan Tenaga kerja Asing (IMTA) untuk Akahoshi yang sudah beres sejak Jumat (30/8/2019).

Akahoshi bisa tampil tinggal membutuhkan pengesahan International Transfer Certificate (ITC) dari federasi sepak bola Iran. Sementara, surat keluar dari Foolad Khuzestan FC (Iran), klub lamanya sudah keluar lebih dahulu.

“Masalahnya, hari Jumat federasi sepak bola Iran libur, harus menunggu hari Sabtu untuk pengesahan ITC-nya. Waktunya lebih dulu di Indonesia, kalau tidak salah berjarak dua jam. Jadi, saya bilang ke tim pelatih, si Akahoshi ini jangan diharapkan bisa tampil,” kata Ruddy kepada WEAREMANIA.

Nama Akahoshi Menyusul ke Ruang Ganti

Saat meeting terakhir antara tim pelatih dengan pemain Arema sebelum berangkat ke Stadion Kanjuruhan Malang, nama Takafumi Akahoshi belum tercantum pada Daftar Susunan Pemain pada laga melawan PSIS. Nama gelandang asal Jepang itu baru dimasukkan saat meeting di ruang ganti.

Media Officer Arema, Sudarmaji masuk ke ruang ganti untuk memberitahukan pada Ruddy bahwa nama Akahoshi sudah disahkan. Tanpa basa-basi, manajer berkacamata itu langsung menghubingi Pengawas Pertandingan (PP).

Susunan pemain Arema di online masih terdapat nama Sunarto. Bisa jadi hingga jam 17.55 belum diupdate.
Susunan pemain Arema di online masih terdapat nama Sunarto. Bisa jadi hingga jam 17.55 belum diupdate.

“Saya bilang kepada PP mau mengganti DSP, awalnya kami masukkan Sunarto, lalu kami ganti Akahoshi setelah namanya disahkan. PP melakukan pengecekan ke PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI, ternyata memang sudah disahkan. Akhirnya Aremania bisa melihat debut Takafumi Akahoshi,” imbuhnya.

Tak Hanya karena Kecekatan Manajemen Arema

Bisa tampilnya Takafumi Akahoshi di laga melawan PSIS, tak hanya karena kecekatan yang dilakukan manajemen Arema. Selain langkah Sudarmaji dan timnya yang mengupayakan permohonan ITC-nya, juga faktor cepatnya proses pengajuan pengesahan.

“Nama Akahoshi sudah diajukan jauh-jauh hari, lalu diverifikasi PSSI dan lolos. Sekalipun pemain belum datang, yang penting lolos dulu, waktu datang tinggal diproses,” tandasnya.