Hasil Pertandingan Persipura Jayapura vs Arema FC: 2-2

Persipura Jayapura vs Arema FC
Arema melawan Persipura Jayapura (C) DANI KRISTIAN

Pertandingan Persipura Jayapura vs Arema FC tersaji di Stadion Aji Imbut Tenggarong, Minggu (20/10/2019) malam. Laga di pekan ke-23 Liga 1 2019 itu berakhir sama kuat dengan skor 2-2.

Jalannya Babak Pertama

Arema baru membuka peluang di menit 18 melalui sepakan spekulasi Jayus Hariono. Diawali bola terobosan Makan Konate pada Rifaldi Bawuo yang mampu dihadang kiper Persipura, Dede Sulaiman. Bola mengarah kepada Jayus yang datang di sisi sayap kiri Arema. Bola yang coba diangkatnya ternyata mengarah ke atas mistar gawang lawan.

Pada menit 29, giliran Konate yang membuat peluang melalui tandukan kepalanya. Menyambut sebuah umpan lambung usai Rifaldi Bawuo lolos di rusuk kiri pertahanan Persipura, bola yang disundul Konate malah mengarah ke kiper Dede Sulaiman.

Tak banyak membuat peluang, justru Persipura mampu unggul lebih dulu di menit 34 lewat aksi brilian Todd Ferre. Tendangan bebas Oh In-Kyun sejatinya sempat dihalau keluar dari kerumunan pemain di depan gawang Arema. Namun, bola liar tipis di depan garis kotak penalti sanggup disambar Ferre dengan sepakan kejutan kaki kanannya. Bola meluncur ke sisi kanan gawang Arema tanpa mampu dijangkau kiper Utam Rusdiyana.

Alih-alih membalas ketinggalan gol, gawang Arema kembali kebobolan untuk kedua kalinya pada lima menit jelang turun minum. Kali ini giliran Boaz Solossa yang mencetak gol untuk tim tuan rumah. Umpan terobosan Ferre mampu diserobot Boaz Solossa. Sepakannya sempat ditahan Utam, namun bola muntah kembali diserobotnya dengan sontekan pelan ke gawang kosong.

Pada menit tambahan waktu, Alfin Tuasalamony sempat mencatatkan peluang terakhir bagi Arema di babak pertama. Kerjasama dengan Konate di muka gawang lawan gagal dimaksimalkannya, setelah tembakannya tak mengarah ke gawang Persipura.

Jalannya Babak Kedua

Pada menit 51, tim pelatih Arema mencoba mengganti komposisi pemain di lini depan. Rifaldi ditarik keluar, kemudian Sylvano Comvalius dimasukkan demi mempertajam serangan Arema.

Comvalius baru mendapat peluang pertamanya di menit 71. Sebuah sodoran bola ke dalam kotak penalti oleh Jayus mampu dikuasainya. Sekali tendang dengan kaki kiri, namun bola mampu diblok Dede dengan baik. Bola muntah disambar oleh Jayus dengan tembakan menyusur tanah. Sayang tembakan yang terlalu pelan itu jatuh di pelukan Dede kembali.

Selang semenit, tim pelatih Arema kembali mengubah komposisi lini depannya. Riky Kayame, yang asli Papua, dimasukkan menggantikan Hardianto yang tampak kelelahan.

Gol Arema yang terus diupayakan akhirnya terjadi di menit 74. gol Konate tembakan kaki kanan dari luar kotak penalti, ke sudut kanan gawang Persipura tanpa mampu diselamatkan Dede yang sudah berupaya menghalau.

Empat menit kemudian, Jayus Hariono melesakkan gol yang menyamakan skor menjadi kembali imbang 2-2. Sebuah tendangan bebas dari Alfin, bola disodorkan pada Dendi Santoso, sedikit dicungkil, dan jatuh di kaki Jayus. Tanpa kompromi, sepakan keras menyusur tanah yang dilepaskannya membuat bola bersarang ke gawang Persipura.

Skor 2-2 tetap bertahan hingga wasit Asep Yandis meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Kedua tim sama-sama berbagi satu poin di pertandingan tersebut.