Javier Roca: Kalau Wasit Beri Penalti untuk Arema, Yo Wis Lah

Pelatih Persik Kediri, Javier Roca tak akan memprotes keputusan wasit Oky Dwi yang memberikan penalti untuk Arema. Gol penalti itu yang membuat timnya kalah 0-1 di laga Grup D Piala Presiden 2022, Rabu (15/6/2022) malam.

Pada menit 89 malapetaka menimpa Persik saat Agil Munawar melakukan pelanggaran di area kotak terlarang kepada Irsyad Maulana. Bola yang dieksekusinya sendiri itu membawa Arema unggul 1-0 hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga usai.

Roca mengembalikan kepada Sumber Daya Manusia (SDM) wasit itu sendiri. Sebagai mantan pemain di Liga Indonesia sejak 2003-2013, pelatih asal Cile itu mengaku hapal betul dengan kronologi dari laga ke laga.

“Kembali ke SDM-nya. Biarkan saja, apa yang wasit lakukan saya selalu berpikir positif kepadanya. Kalau dia pikir itu penalti, yo wis lah. Kita mau ngomong apa juga tidak akan mengubah hasil pertandingan. Biarkan saja mereka kerja semampunya,” kata Roca dalam sesi jumpa pers usai laga.

Penalti Untuk Arema Dianggapnya Offside Lebih Dulu

Dari kacamata Javier Roca, Irsyad Maulana yang bergerak di sisi kanan pertahanan Persik Kediri dianggap offside. Sebelum dijatuhkan Agil Munawar, menurutnya winger Arema itu sudah berdiri di depan pemain terakhir timnya.

Di sisi lain, banyak yang berpendapat penalti itu tidak seharusnya diberikan kepada Arema. Pasalnya, pelanggaran Agil kepada Irsyad terjadi di luar kotak 12 pas, meski jatuhnya ke dalam.

“Kalau dari pandangan saya itu offside. Kalau jatuhnya di dalam atau di luar kotak saya tidak lihat. Setiap penalti pasti kontroversial, tidak akan ada yang terima kalau kena penalti. Mau penalti atau tidak, untuk tim yang kalah pasti akan jadi kontroversi,” imbuhnya.

Akui Itu Kesalahan Pemain Persik Sendiri

Alih-alih menyalahkan wasit, Javier Roca lebih memilih introspeksi diri. Menurutnya, penalti itu tak akan terjadi jika para pemainnya konsentrasi sampai laga usai.

“Sayang saja di menit akhir kita hilang konsentrasi, itu PR (pekerjaan rumah) kita. Ya, saya menilai itu kesalahan kita sendiri,” tandasnya.

Satu gol mewarnai laga Persik Kediri vs Arema di Piala Presiden 2022. BAC: Inilah momen-momen menarik di laga Persik Kediri vs Arema di Piala Presiden 2022.

---
Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.