Eduardo Almeida Beberkan Analisisnya Usai Arema Kalah dari PSM Makassar

Pelatih Eduardo Almeida beberkan analisisnya usai Arema kalah dari PSM Makassar di Liga 1 2022-2023 Pekan 5, Sabtu (20/8/2022) sore. Pada laga ini, skuad Singo Edan menderita kekalahan tipis dengan skor 0-1.

Gol kemenangan PSM tercipta di pengujung babak pertama lewat eksekusi penalti Yuran Fernandes. Penalti diberikan setelah Bagas Adi dianggap menjatuhkan Everton Nascimento di kotak terlarang.

Tampil di Stadion BJ Habibie, Parepare, Almeida mengakui anak asuhnya tampil di bawah top performance pada babak pertama. Terbukti Johan Farizi dan kawan-kawan gagal bikin gol balasan.

“Saya akui di babak pertama kami tidak bermain bagus seperti yang saya inginkan. PSM tampil lebih bagus dari kami di babak pertama, dan mereka bisa mencetak gol,” kata Almeida dalam sesi jumpa pers setelah pertandingan.

Arema Kalah dari PSM Makassar, Sudah Berupaya Maksimal

Eduardo Almeida mengaku sudah melakukan upaya maksimal untuk menyelamatkan Arema dari kekalahan di kandang PSM Makassar. Sayangnya berbagai usaha itu gagal membuahkan hasil.

Salah satu upaya yang dilakukannya di awal babak kedua adalah melakukan tiga pergantian pemain sekaligus. Evan Dimas, Ilham Udin, dan Dedik Setiawan menggantikan Gian Zola, Rizky Dwi, dan Adam Alis.

Pada menit 60, Almeida memasukkan Hanis Saghara sang penyerang menggantikan sayap Dendi Santoso. Terakhir, pada menit 78, Jayus Hariono sang gelandang bertahan digantinya dengan gelandang serang, Arkhan Fikri untuk menambah intensitas serangan.

“Di babak kedua, kami melakukan pergantian pemain. Tujuannya untuk setidaknya menyamakan kedudukan, setelah itu baru berpikir mencari hasil lain. Tapi, sayangnya apa yang kami lakukan di babak kedua tidak cukup untuk mencetak gol,” imbuhnya.

Alasan Gagal Mencetak Gol ke Gawang PSM Makassar

Eduardo Almeida menyesalkan upaya para pemain Arema mencetak gol tak ada yang berhasil menjebol gawang PSM Makassar. Pelatih asal Portugal itu mengaku punya alasan tersendiri soal hal ini.

Yang menarik, catatan statistik mengatakan Arema cuma melepaskan empat kali tembakan, dan tak ada yang mengarah ke gawang PSM. Meski menguasai ball possession sampai 54 persen, nyatanya Arema cuma bisa bikin satu peluang.

“Kami gagal mencetak gol karena lawan bermain kompak, mereka juga main di kandang, sangat sulit untuk dikalahkan. Selamat untuk lawan atas kemenangannya. Kami pasti akan berbenah dan bersiap untuk laga selanjutnya. Kami ingin tampil lebih baik,” pungkasnya.

Cuma ada satu gol yang mewarnai laga PSM Makassar vs Arema sore tadi. BACA: Inilah momen-momen menarik dalam laga PSM Makassar vs Arema tadi.