Hamka Hamzah Akui Bawa Arema Kalahkan MU dengan Sisa Tenaga

Hamka Hamzah Akui Bawa Arema Kalahkan MU dengan Sisa Tenaga
Hamka Hamzah (C) DANI KRISTIAN

Arema menang 2-0 atas Madura United (MU) di Stadion Kanjuruhan Malang pada pekan ke-27 Liga 1 2019, Jumat (8/11/2019) sore. Kapten tim Hamka Hamzah akui bawa Arema kalahkan MU dengan sisa tenaganya.

Pada awal babak pertama, Arema sudah bisa unggul 1-0 atas tim tamu. Lesakan Makan Konate menjadi gol pembuka kemenangan skuat Singo Edan di menit kelima.

Rifaldi Bawuo mampu menjebol gawang MU dan memastikan kemenangan tim tuan rumah dua gol tanpa balas atas MU. Gol penyerang yang masuk menggantikan Hendro Siswanto itu dibuatnya di menit 84.

“Ini pertandingan yang bagus, di mana kedua tim sama-sama mengalami kelelahan. Pemain Madura pun sempat bicara kepada saya, bahwa jadwal yang diberikan kepada klub sangat mengganggu kebugaran pemain,” kata Hamka dalam sesi jumpa pers setelah pertandingan.

Antara Tak Sanggup dengan Tetap Berusaha

Hamka Hamzah menyebut, waktu recovery dua-tiga hari yang kerap mewarnai jadwal pertandingan Liga 1 2019 ini sangat tidak ideal. Namun, pemain 35 tahun itu ingin menyelesaikan kompetisi ini dengan memberikan yang terbaik untuk Arema.

Menurutnya, recovery dua-tiga hari antar pertandingan mungkin masih ideal bagi pemain di usia 20-30 tahun. Namun, baginya yang sudah berkepala tiga ke atas, rasanya tidak cukup.

“Lihat saja, hamstring saya kambuh lagi. Memang susah bagi saya yang berusia 30 tahun ke atas untuk selalu memberikan yang maksimal jika jadwalnya tidak ideal. Tapi, di sisa kompetisi ini, saya akan memberikan penampilan yang terbaik, khususnya untuk Arema,” imbuhnya.

Berharap Musim Depan Tak Ada Jadwal Menyiksa

Hamka Hamzah berharap cukup tahun ini saja ada jadwal yang menyiksa di mana waktu recovery untuk pemain hanya dua-tiga hari. Stopper asal Makassar itu berharap jadwal kompetisi lebih teratur lagi.

“Bagaimana pun penonton ingin melihat setiap klub pemainnya tampil semaksimal mungkin. Tapi kalau recovery hanya dua-tiga hari saja, permainan bagus itu sulit dipertontonkan. Jika kalian ingin menonton pertandingan yang bagus, kita sama-sama protes ke operator liga agar memberikan jadwal yang sesuai dengan kemampuan pemain,” pungkasnya.