Deretan Kiper yang Berpotensi Merapat ke Arema

Deretan Kiper yang Berpotensi Merapat ke Arema
Teguh Amirudin (C) DANI KRISTIAN

Manajemen Arema sudah memastikan bakal terjadi perubahan komposisi kiper untuk musim 2020. Perubahan ini membuka potensi ada kiper anyar yang merapat ke Arema menggantikan kiper yang dicoret.

Hingga Sabtu (11/1/2020) pagi, General Manager Arema, Ruddy Widodo, baru memastikan dua nama kiper, yakni Kartia Ajie dan Andryas Francisco yang bertahan. Sementara itu, dua kiper lainnya, Utam Rusdiyana dan Sandi Firmansyah, nasibnya harus menunggu penilaian pelatih kiper Felipe Americo.

Kabarnya, pada musim 2020 nanti Arema juga hanya akan memakai jasa tiga kiper. Artinya, salah satu dari Utam dan Sandi, atau bahkan keduanya terdepak jika Arema mendatangkan satu kiper anyar.

Semuanya akan jelas ketika Felipe tiba di Malang. Ruddy bakal meminta pelatih kiper asal Brasil itu untuk menilai kemampuan kiper Arema dalam sesi latihan perdana, Kamis (16/1/2020) sore.

Berikut Lima Kiper yang Berpotensi Gabung Arema di Musim 2020

1. Teja Paku Alam

Nama Teja Paku Alam sudah sering dikaitkan dengan Arema. Setidaknya, sudah tiga musim terakhir ini Aremania meneriakkan namanya agar mau menjaga gawang skuad Singo Edan.

Peluang Arema untuk mendapatkan tanda tangan Teja cukup besar setelah klubnya musim lalu, Semen Padang harus rela terdegradasi ke Liga 2. Secara kualitas, kiper 25 tahun itu masih pantas bermain di level Liga 1.

Sayangnya, berhembus kabar Teja juga diminati oleh Persib Bandung. Bahkan, kabar itu kian kencang setelah kiper Timnas Indonesia itu disebut-sebut sudah menerima down payment.

2. Rivky Mokodompit

Rivky Mokodompit sudah resmi hengkang dari PSM Makassar, klub yang dibelanya di Liga 1 2019 lalu. Nama kiper asal Kotamobagu, Sulawesi Utara itu bisa menjadi opsi sosok di bawah mistar gawang Arema musim depan.

Meski tak punya kemampuan yang terlalu istimewa, Rivky juga punya kelebihan postur yang tinggi. Setidaknya kiper berusia 32 tahun itu dapat membimbing kiper-kiper muda Arema.

Sepanjang kariernya, sudah tiga gelar pernah diraih Rivky bersama timnya. Mulai dari gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2011-2012 dan juara Inter Island Cup 2012 bersama Sriwijaya FC, serta juara Piala Indonesia 2019 bersama PSM Makassar musim lalu.

3. Dian Agus Prasetyo

Dian Agus Prasetyo bukanlah sosok anyar bagi Arema dan Aremania. Kiper asal Ponorogo itu sempat memperkuat Arema di Indonesia Super League (ISL) 2011-2012.

Kala itu, Dian mendapatkan mimpi buruk mengalami cedera parah di laga pertama menghadapi Persela Lamongan. Semusim berselang, kiper 34 tahun itu mampu bangkit, hingga berlabuh ke Persela di Liga 1 2019 kemarin.

Sebagai mantan Pelija Jaya, Dian tentu punya kedekatan dengan bos besar Arema yang pernah satu grup. Peluangnya ke Arema cukup besar, mengingat Persela tak menahannya untuk pergi.

4. Aditya Harlan

Aditya Harlan merupakan kiper yang cukup setia di Barito Putera, mulai musim 2012 hingga sekarang. Namun, faktor bergabungnya pelatih kiper Felipe Americo bisa menjadi daya tariknya ke Arema.

Felipe sempat menjadi pelatih kiper Barito hingga terdepak di pertengahan musim 2019 lalu. Kabarnya, Felipe juga sempat mengusulkan nama Aditya untuk dibawa ke Malang.

Namun, belum ada keputusan apa-apa terkait hal ini dari manajemen Arema. Belum diketahui juga apakah sudah ada komunikasi antara kedua belah pihak menindaklanjuti usulan dari Felipe tersebut.

5. Teguh Amirudin

Banyak faktor yang membuat nama Teguh Amirudin paling santer dikabarkan merapat ke Arema. Pertama tentu karena pemain 26 tahun itu merupakan jebolan Akademi Arema dan asli Malang pula.

Teguh nyaris menjadi kiper utama Arema di musim 2016, menggantikan Kurnia Meiga sempat memutuskan hendak berkarier di luar negeri. Berlatih dengan Arema beberapa kali, kemudian Teguh dipanggil masuk PS TNI bersama Ahmad Nufiandani.

Empat musim di PS TNI, yang sempat berganti nama menjadi PS TIRA, lalu PS TIRA-Persikabo, Teguh dikabarkan tak kerasan. Musim ini, Teguh pun disebut-sebut ingin pulang ke Malang.

---
Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.