3 Konsultan Sepak Bola Eropa Sarankan Arema Berkolaborasi dengan Banyak Pihak untuk Bangkit

Tiga konsultan sepak bola Eropa sarankan Arema berkolaborasi dengan banyak pihak jika ingin bangkit pasca Kanjuruhan Disaster 2. Masukan berharga itu didapatkan usai menggelar pertemuan secara virtual, Senin (7/11/2022) sore.

Dalam pertemuan itu, Arema diwakili oleh empat orang. Mulai dari Manager Hubungan Internasional Fuad Ardiansyah, Media Officer Sudarmaji, Manager Bisnis dan Marketing Yusrinal Fitriandi, dan satu anggota Tim Pemulihan Arema Ronnie Suhatril.

Sementara, ada tiga konsultan sepak bola yang hadir secara daring. Mereka berasal dari Italia, Inggris dan Turki.

“Ada banyak hal yang dibicarakan dalam pertemuan yang dilakukan secara daring tersebut. Mulai dari bagaimana langkah ke depan, seperti melakukan perbaikan sistem pengamanan di stadion dan hal lainnya,” kata Fuad.

“Arema didorong untuk berkolaborasi dengan banyak pihak untuk mempercepat pemulihan, seperti pemerintah dan pihak-pihak lain yang berkaitan.”

Sistem pengamanan itu menjadi bagian penting ke depan, karena berkaitan dengan mengembalikan kepercayaan publik jika nanti Arema terbebas dari sanksi dan pertandingan berjalan dengan normal. Menurut Fuad, sistem pengamanan ini menjadi bagian yang sangat krusial.

“Seperti salah satu contoh di Turki yang memiliki karakter suporter yang militan seperti di Arema. untuk mengubah sistem tiket menjadi sistem online dibutuhkan waktu setidaknya tiga tahun. Tapi dengan dukungan banyak elemen, hal-hal itu sangat mungkin bisa dilakukan di Arema kedepan,” imbuhnya.

Arema Berkolaborasi dengan Banyak Pihak, Sudah Ada Modal Bagus

Salah sorang konsultan, Badiuzzaman Jamhari yang merupakan Managing Director Bolabros Global Events (Inggris). Menurutnya, Arema punya modal cukup untuk bangkit.

“Untuk bisa bangkit kembali dan melakukan recovery, Arema memiliki modal yang cukup kuat, memiliki nama baik di kawasan Asia bahkan juga Eropa,” kata Badiuzzaman.

Selain Badiuzzaman, ada dua konsultan kelas internasional lainnya. Keduanya adalah Andrea Poggio sebagai Business Consulting for Indonesia & Thailand Markets, PT Carstensz Sinergi Indonesia Italian Trade Commission (I.C.E.) (Italia), dan Soner Bicikci dari S&B Sport Organisation ┼čirketinde Sales and Marketing Executive, S&B Sport Organisation (Turki).