Berita Arema

Cerita Eduardo Almeida Memulai Karier Melatih Sejak Usia 22 Tahun

Eduardo Almeida (C) WEAREMANIA

Tak banyak yang mengetahui jika Eduardo Almeida memulai karier melatih sejak usia 22 tahun. Tak heran jika pelatih Arema di Liga 1 2021 itu cukup kenyang pengalaman, meski usianya tergolong masih 43 tahun.

Dalam data yang tersaji di Wikipedia, pelatih yang kerap disapa Almeida itu memulai kariernya di Benfica pada musim 2001-2003. Saat itu, pelatih kelahiran Lisbon, 22 Maret 1978 tersebut kebagian menjadi asisten pelatih tim usia muda, yakni Benfica U-16.

Almeida mengaku saat itu memiliki pemikiran yang berbeda dari anak muda seusianya yang kebanyakan memlih menjadi pesepak bola profesional. Eks pelatih Semen Padang itu justru ingin menjadi pelatih sepak bola.

“Saya sudah 20 tahun lebih di dunia kepelatihan sepak bola. Saya memulai karier melatih sejak usia sekitar 22 atau 23 tahun. Saya memulainya pada tahun 2000. Saya masuk universitas, mengambil sports science dan di tahun 2011 sudah memiliki lisensi UEFA Pro,” kata Almeida kepada WEAREMANIA.

Alasan Eduardo Almeida Memulai Karier Melatih Sejak Usia Muda

Eduardo Almeida punya alasan khusus lebih memilih menjadi pelatih ketimbang bermain sepak bola di usianya yang masih awal kepala dua. Dalam hal ini, pelatih yang pernah berkarier di Liga Malaysia itu ragu pada skilnya sendiri.

Berbeda dengan para asisten pelatih Arema seperti Kuncoro, Singgih Pitono, dan Siswantoro yang dulunya memang pesepak bola profesional. Almeida menyadari kemampuannya tidaklah istimewa seperti teman-teman sebayanya yang memilih karier sebagai pesepak bola profesional.

“Saya tidak pernah bermain sepak bola secara profesional, cuma sampai usia U-18 saja. Saya tidak bagus saat bermain sepak bola, makanya saya putuskan mulai mengambil kursus kepelatihan, lalu menjadi pelatih sepak bola. Tapi saya tetap suka bermain sepak bola, futsal, hanya amatir, bersama teman-teman,” tandasnya.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Exit mobile version