Hasil Pertandingan Liga 1 2019 Perseru Badak Lampung vs Arema FC: 4-3

Hasil Pertandingan Liga 1 2019 Perseru Badak Lampung vs Arema FC: 4-3
Hamka Hamzah cetak gol ke gawang Badak Lampung (C) DANI KRISTIAN

Laga Perseru Badak Lampung vs Arema FC yang tersaji di pekan ke-26 Liga 1 2019, Jumat (1/11/2019) sore berlangsung seru dengan saling balas gol. Bermain di hadapan publik Stadion Sumpah Pemuda, Bandar Lampung, tim tuan rumah menang dengan skor 4-3.

Laga Perseru Badak Lampung vs Arema FC itu dibuka dengan one minute silent yang dipimpin oleh wasit Mustofa Umarella. Mengheningkan cipta selama semenit itu ditujukan untuk mendiang pemain Tim Nasional Indonesia U-16, Alfin Lestaluhu yang meninggal dunia karena sakit, Kamis (31/10/2019) malam.

Jalannya Babak Pertama

Peluang pertama di laga ini didapat tim tuan rumah di menit 9 lewat aksi Fernandinho. Bola hasil umpannya yang gagal disapu oleh bek Arema, Hamka Hamzah yang terjatuh, mengarah ke kaki Marquinhos. Bola masuk ke sudut kanan bawah gawang Arema yang dijaga Utam Rusdiyana.

Tertinggal 1-0, Arema berusaha bangkit untuk membalas ketinggalan. Alih-alih mencetak gol, gawang Utam kembali kebobolan di menit 15. Kali ini penetrasi Fernandinho di sisi kanan pertahanan Arema berakhir dengan tendangan keras, di mana Utam mampu menangkisnya. Sialnya, bola jatuh di kaki Hariyanto Panto yang tanpa ampun menghujamkannya ke gawang kosong.

Tersengat oleh dua gol cepat Badak Lampung, Arema lebih keluar menyerang. Hamka pun sampai naik ke depan gawang tim tuan rumah menyambut tendangan pojok Makan Konate. Namun, tandukannya melebar ke sisi kanan gawang yang dijaga kiper Daryono.

Begitu pula dengan peluang Konate di menit 24. Kali ini tendangan bebasnya mampu ditangkap Daryono dengan cekatan.

Pada menit 31, Takafumi Akahoshi nyaris membawa Arema memperkecil ketinggalan. Usai mencuri bola dari kaki Kurniawan Karman, masuk ke kotak penalti, lalu shoting. Namun, bola yang mengarah ke tiang jauh, malah keluar ke sisi kiri tiang gawang Badak Lampung.

Konate kembali membuka peluang bagi Arema di menit 33. Namun, shoting dari luar kotak penalti yang dilepaskannya masih mampu diblok Anthony Golec.

Peluang terakhir Arema terjadi di menit 44 melalui aksi Riky Kayame. Usai meloloskan diri dari jebakan offside, berputar badan, tendangan dilepaskannya. Sayang, bola hasil tendangannya masih melebar ke sisi kiri gawang Daryono.

Jalannya Babak Kedua

Arema akhirnya memperkecil ketinggalan menjadi 2-1 lima menit setelah laga babak kedua berjalan. Sunarto mampu memanfaatkan kecerobohan Bojan Malisic mengawal bola di dalam kotak penalti Badak Lampung, malah bertabrakan dengan Daryono yang mencoba menghadang bola. Bola liar diambil Sunarto dan diceploskannya ke gawang kosong.

Pada menit 55, Badak Lampung nyaris mencetak gol ketiga gara-gara blunder kiper Utam. Bola backpass ke arahnya justru ditendang ke arah Marquinhos. Beruntung, bola kembali bisa dihadang olehnya, sehingga tendangan ke arah gawang tak sempat dilepaskan lawan.

Petaka kembali menghampiri gawang Arema di menit 75. Kali ini berawal dari aksi Fernandinho di sisi kiri gawang Utam. Dikepung dua-tiga pemain Arema, bola masih mampu dikirimkannya ke tiang jauh, yang langsung disambut tandukan Marquinhos. Utam yang menjatuhkan diri gagal menggapai bola. Skor berubah menjadi 3-1 untuk tim tuan rumah.

Tim tamu mendapatkan penalti di menit 78 setelah Bojan Malisic menjatuhkan Kayame di kotak terlarang. Eksekusi penalti Konate masuk ke sisi kanan atas gawang Daryono, dan mengubah skor menjadi 3-2.

Sepuluh menit jelang laga bubar, Hamka mampu membalas lunas kesalahannya yang menyebabkan gol pertama Badak Lampung. Bola yang datang dari sSebuah crossing yang gagal diantisipasi Golec dikontrolnya dengan dada, lalu ditendang keras ke sisi kanan gawang lawan dengan kaki kiri.

Rupanya, skor imbang 3-3 cuma bertahan selama lima menit saja. Marquinhos lewat tendangan bebas kaki kananya mampu mencetak gol kemenangan untuk Badak Lampung. Bola sepakannya mengarah ke pojok kanan atas gawang Utam yang mengubah skor menjadi 4-3.