Kiper Muda Arema Cetak Gol di Charity Game

Kiper Muda Arema Cetak Gol di Charity Game

Kiper muda Arema, Andryas Francisco mencetak gol di laga Charity Game Tribute to Coach Bastian di Lapangan Mulyorejo, Kota Malang, Kamis (9/7/2020) sore. Sayang, tim alumni Akademi Arema gagal dibawanya menang.

Pada pertandingan pertama, tim pelatih dan wali siswa Akademi Arema menang tipis atas tim Mulyorejo Oldiest dengan skor 4-3. Sementara, giliran tim muda Mulyorejo yang tampil, para alumni Akademi Arema harus menelan kekalahan 0-1 dari tuan rumah.

Bermain sebagai striker, pemain yang akrab disapa Ciko itu melesakkan satu-satunya gol tim alumni Akademi Arema lewat sundulan kepalanya dalam situasi tendangan pojok. Sayang, di pengujung babak pertama, kiper asal Mojokerto ini gagal menciptakan gol keduanya melalui eksekusi penalti.

“Saya sudah biasa bermain di posisi selain kiper di pertandingan persahabatan selain dengan tim Arema. Biasanya jadi bek, tapi kali ini saya jadi striker. Alhamdulillah saya cetak satu gol meskipun tim saya kalah. Lihat sendiri kan sundulan saya sudah seperti Hamka Hamzah (eks kapten Arema),” kata Ciko kepada WEAREMANIA.

Kiper Muda Arema Ingin Cetak Gol Sebagai Kiper

Gol yang dibuatnya itu menginspirasi kiper muda Arema, Andryas Francisco untuk mencetak gol lagi, tetapi sebagai kiper. Sebab, yang diketahuinya hal yang sama pernah dilakukan kiper-kiper lain, meski tak semuanya berhasil.

Seperti ketika kiper Semen Padang, Muhammad Ridwan saat melawan Arema di leg kedua babak semifinal Piala Presiden 2017. Maju ke depan gawang Arema untuk membantu mencetak gol demi membuat timnya meraih agregat yang lebih baik, gawangnya malah kebobolan oleh Cristian Gonzales di menit akhir sehingga Semen Padang gagal lolos.

“Hal yang sama pernah saya lakukan di usia 15 tahun bersama SSB Putra Bangsa. Kami main di babak semifinal turnamen internal PSSI (Askab) Mojokerto. Saat tim saya ketinggalan 0-1 di menit-menit akhir, saya maju ke depan gawang lawan atas instruksi pelatih. Sayang skor tidak berubah,” imbuhnya.

Tetap Ingin Menjadi Kiper Arema

Meski kerap moncer mencetak gol saat menempati posisi selain kiper, Andryas Francisco tetap memilih menjadi kiper Arema. Dalam hatinya sama sekali tidak ingin mengubah posisinya di level pemain profesional.

“Saya tetap ingin jadi kiper saja, tidak ada rencana ganti posisi, karena dari kecil saya sudah di posisi ini. Saya menempati posisi selain kiper cuma untuk pertandingan biasa ketika ingin mencari keringat. Ini bagus juga untuk melatih feeling ball agar tidak hilang. Selain itu, untuk melatih passing-pasing juga, karena kiper juga butuh kemampuan itu,” tegasnya.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.