LPSK Rekomendasikan 13 Saksi Kepada Penyidik Kasus Kanjuruhan Disaster 2

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) merekomendasikan 13 nama sebagai saksi kepada penyidik untuk dimintai keterangan tentang kasus Kanjuruhan Disaster 2. Mereka adalah bagian dari 20 pemohon perlindungan kepada LPSK.

Ke-13 orang itu dinilai LPSK mempunyai keterangan penting untuk mengungkap perkara. Sebab, mereka adalah orang yang mengalami langsung tragedi Kanjurahan tersebut, di antaranya terdapat relawan medis.

Saat ini LPSK telah memberikan perlindungan kepada 18 orang yang merupakan suporter, relawan medis, hingga keluarga korban. Program perlindungan yang diberikan adalah pemenuhan hak prosedural dan perlindungan fisik agar saksi dan korban merasa aman dalam memberikan keterangan pada setiap proses hukumnya.

Wakil Ketua LPSK, Edwin Partogi Pasaribu mengatakan, dalam satu bulan terakhir terdapat dinamika dalam proses hukum dari pemanggilan dan pemeriksaan, serta peminjaman telepon selular yang tidak sesuai prosedur (KB).

“Hingga kedatangan aparat ke rumah orang tua korban (DA) yang awalnya telah menyetujui dilakukan ekshumasi yang berujung surat penolakan ekshumasi. Kemudian, setelah didampingi LPSK, DA menyetujui kembali dilakukan ekshumasi yang pelaksanaannya direncanakan pada 5 November,” kata Edwin.

Harapan LPSK Terhadap Penyidik Polri Untuk Penyidik Kasus Kanjuruhan Disaster 2

Edwin menambahkan, LPSK berharap tim penyidik Polri tidak melakukan upaya-upaya intimidatif seperti sebelumnya. Sebab, hal-hal tersebut akan berdampak buruk bagi kepercayaan publik pada proses hukum yang adil.

“LPSK berharap penyidik tidak hanya terpaku kepada Laporan Polisi (LP) yang ada, yakni LP terkait pasal 359 dan 360 tentang kelalaian yang menyebabkan kematian dan luka, dan LP terkait pasal 170 dan Pasal 212 terkait penyerangan terhadap orang (aparat) dan pengerusakan barang,” pungkasnya.

Kabar tentang Kanjuruhan Disaster 2 akan terus kami sajikan secara tajam, berimbang, dan terpercaya. BACA: Klik di sini untuk terus mengikuti update berita tentang Kanjuruhan Disaster 2 dari segala sisi.