Pelatih Persis Solo Puji Arema, Javier Roca: Pujian Itu Seperti Permen

Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina puji Arema jelang bertemu di Liga 1 2022-2023 Pekan 13, Minggu (11/12/2022), pukul 15.15 WIB. Pelatih Arema, Javier Roca malah menganggap pujian itu seperti permen.

Sebelumnya, dalam sesi jumpa pers, Leo mengatakan Arema merupkan tim bagus yang dihuni pemain-pemain berkualitas. Organisasi permainan yang ditampilkan di lapangan menurutnya juga buah dari pemikiran pelatih yang berkualitas.

Dipuji seperti itu, Roca tak ingin para penggawa Singo Edan terlenal. Menurutnya, sebuah pujian harus disikapi dengan sewajarnya tanpa harus tinggi hati.

“Sejak pertama masuk Arema, saya jelaskan beberapa hal. Selalu saya bilang kalau pujian itu permen manis. Masalahnya kalau kita lama-lama makan permen itu tidak baik buat kita. Jadi, kita nikmati saja, tapi hanya sekilas saja, setelah itu kita tidak bisa terlena, pujian itu manis yang adiktif (bikin ketagihan),” kata Roca.

Pelatih Persis Solo Puji Arema, Bisa Bikin Pemain Arema Jatuh Sakit

Javier Roca menilai pujian jika ditanggapi berlebihan maka bisa membuat pemain ‘celaka’, seperti mengkonsumsi permen manis. Zat manis di dalam permen menurutnya bsia menimbulkan berbagai penyakit, seperti diabetes misalnya.

“Pemain sepak bola itu, selain cari nafkah kan juga cari pujian. Tapi ya itu tadi, pujian itu permen, mengandung gula, kalau kita sering makan berlebihan, kita bisa jatuh sakit, jadi kita biasa saja,” imbuhnya.

“Terimakasih kalau ada orang yang menilai kita tim hebat, tim bagus, atau apa. Tapi, kita harus selalu buktikan kepada diri kita sendiri dan tim, agar selalu fokus.”