Sebelum Mengevaluasi Pemainnya, Pelatih Arema Mengevaluasi Diri Sendiri Dulu

Sikap jantan coba ditunjukkan Javier Roca jelang Liga 1 2022-2023 putaran kedua bergulir. Sebelum mengevaluasi pemainnya, Pelatih Arema itu mengevaluasi diri sendiri dulu.

Pelatih asal Chile itu menegaskan masih punya banyak tugas di Arema yang belum diselesaikannya. Yang utama tentu mengembalikan sejumlah pemain yang performanya terbilang menurun jika dibandingkannya dengan musim lalu.

Namun, Roca boleh sedikit berbangga ketika dari upaya perbaikan yang dilakukan setidaknya sudah ada progres positif. Perlahan tapi pasti, para pemain itu bisa menemukan performa terbaiknya.

“Evaluasi yang pertama ya mengevaluasi diri saya dulu. Di sini saya maish punya tugas untuk mengembalikan performa beberapa pemain yang setelah saya datang dalam performa di bawah performa yang membawa mereka ke Arema,” kata Roca.

Hasil Pelatih Arema Mengevaluasi Diri Sendiri, Ada Rasa Penasaran

Javier Roca mengaku ada rasa penasaran mengapa ada sejumlah pemain yang performanya justru menurun setelah masuk Arema. Rasa itulah yang membuatnya fokus menyelesaikan tugas yang menjadi salah satu hasil evaluasinya secara pribadi.

“Saya harus kembalikan performa mereka terbaik beberapa pemain yang musim kemarin punya performa bagus. Ada beberapa contoh pemain, misal Evan Dimas. Sebenarnya dia sudah mulai ketemu performa terbaik, seperti yang kita harapkan sebelumnya,” imbuh pelatih berusia 45 tahun itu.

“Saya masih penasaran, kenapa di sini mereka tidak seperti itu? Saya sempat nonton hampir 10 video pertandingan mereka tahun lalu, performa mereka bisa lebih dari yang musim ini.”