Fokus

13 Pemain Gratisan yang Didatangkan Arema untuk Liga 1 2021-2022

Orang bilang Paris Saint Germain (PSG) cukup pelit di bursa transfer musim panas kali ini karena sejauh ini mendatangkan empat pemain dengan status bebas transfer. Lantas apa kata orang kalau ada 13 pemain gratisan yang didatangkan Arema untuk Liga 1 2021-2022?

PSG yang merupakan klub kaya di League 1 Prancis saja memilih ‘irit’ di tengah pandemi covid-19 yang diakui atau tidak, mengancam finansial klub-klub sepak bola. Buktinya, mereka sukses menekan pengeluaran klub dengan mendatangkan pemain-pemain seperti Gini Wijnaldum, Gianluigi Donnarumma, Sergio Ramos, dan Lionel Messi tanpa mengeluarkan sepeser uang pun.

Bagi Arema, mendatangkan pemain dengan status free transfer bukanlah hal baru. Bahkan, hal tersebut sudah menjadi tradisi, sekalipun kini Arema sudah kaya setelah kedatangan bos baru, Gilang Pramana.

Namun demikian, mendatangkan pemain dengan disertai biaya transfer nyata-nyata masih menjadi hal yang tabu di sepak bola negeri ini yang katanya sudah mengarah ke sepak bola industri. Gilang sebagai Presiden Klub Arema lebih memilih menginvestasikan uangnya yang tak berseri itu untuk mendatangkan fasilitas penunjang seperti bus tim, mes pemain, dan training ground.

7 Pemain Gratisan yang Didatangkan Arema dari Klub Lain

Setidaknya, ada tujuh pemain yang didatangkan Arema dari klub lain dengan gratis tanpa biaya transfer. Di antara mereka ada tiga pemain asing dan empat pemain lokal.

Feby Eka Putra didatangkan Arema dari Persija Jakarta untuk Liga 1 2020 lalu, tetapi sebagai pemain pinjaman. Musim ini statusnya sudah dipermanenkan Arema setelah timnya melepas winger asli Mojokerto itu.

Pada kompetisi Liga 1 2019 lalu, Ikhfanul Alam sempat membela Arema sebelum hengkang ke Perseru Badak Lampung di kompetisi Liga 2 2020. Pada musim 2021 ini, pemain berposisi sebagai bek tengah itu dipulangkan kembali ke Arema dengan gratisan.

Didik Ariyanto bergabung dengan Arema setelah mengikuti latihan bersama Asisten Pelatih Arema, Kuncoro di kampungnya saat Liga 1 2020 vakum tahun lalu. Bek sayap kiri kelahiran Surabaya tapi besar di Malang Selatan itu musim lalu memperkuat PSCS Cilacap di Liga 2 2020.

Arema merekrut Adilson Maringa dari Vilafranquense, klub Liga 2 Portugal yang musim ini terjun bebas ke kasta di bawahnya. Kiper asal Brasil itu sedianya akan dipertahankan, namun menolak dan lebih memilih ke Indonesia untuk Arema.

Renshi Yamaguchi mengisi slot pemain asing Asia Arema untuk kompetisi Liga 1 2021-2022. Gelandang asal Jepang itu didatangkan dari klub Liga 2 Thailand, Lampang FA tanpa Arema mengeluarkan biaya transfer.

Carlos Fortes menjadi pemain asing teranyar yang direkrut Arema musim ini. Penyerang asal Prtugal itu merupakan rekan satu tim Maringa di Vilafranquense. Arema pun cuma bermodal ‘ucapan terimakasih’ kepada klub Portugal tersebut sebagai balas budi.

Arema dan Diego Michiels bersepakat untuk menjalin kerja sama musim ini setelah bek naturalisasi berdarah Belanda itu tidak memperpanjang kontrak dengan Borneo FC. Karena kontraknya sudah kelar di klub asal Kalimantan Timur itu, maka Arema tak perlu membayar fee.

6 Pemain Gratisan yang Didatangkan Arema dari Akademi Arema

Selain mendatangkan tujuh pemain gratisan dari klub lain, Arema pun memilih mengoptimalkan pemain jebolan Akademi Arema. Setidaknya ada enam pemain yang naik kelas ke tim senior untuk Liga 1 2021-2022.

Dari posisi lini belakang ada dua nama, yakni Achmad Galih (bek tengah), dan Achmad Figo (bek sayap). Di lini tengah ada sosok Seiya da Costa, pemain WNI berdarah Jepang, dan Muhammad Faiz yang sama-sama gelandang bertahan.

Untuk menambah kekuatan lini depan, Arema merekrut winger muda Bramntio Ramadhan dan Hamzah Titofani yang dikenal punya kecepatan. Cuma untuk posisi kiper saja Arema tak mengambil darah muda dari Akademi Arema musim ini.

 

Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.

Exit mobile version