Pasca-Kanjuruhan Disaster 2, Stadion Kanjuruhan Jadi Tempat Ziarah

Pasca-Kanjuruhan Disaster 2, Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang menjadi tempat ziarah Aremania. Banyak yang sengaja datang untuk menabur bunga, atau sekadar memanjatkan doa, seperti pada Rabu (5/10/2022).

Tragedi yang terjadi usai laga Arema vs Persebaya Surabaya di Liga 1 2022-2023, Sabtu (1/10/2022) ini menelan banyak korban jiwa. Setidaknya, hingga Selasa (4/10/2022), ada 131 orang meninggal dan ratusan luka-luka.

WEAREMANIA mencoba berkeliling dari pintu ke pintu stadion dari Pintu 1 sampai Pintu 14. Terlihat taburan bunga yang berserakan di lantai, dan beberapa barang korban seperti syal, kaos, sepatu, dan lain-lain di depan pintu yang tertutup.

Pintu 13 menjadi pintu yang paling banyak ditaburi bunga oleh peziarah. Sebab, di pintu-pintu yang ada di tribun selatan inilah banyak korban jiwa yang meregang nyawa lantaran kabarnya pintu terkunci.

Masih terlihat ventilasi yang terbuat dari beton di sebelah pintu bekas dijebol. Konon dari celah inilah ratusan nyawa Aremania terselamatkan setelah berhasil keluar.

Pasca-Kanjuruhan Disaster 2, Patung Kepala Singa Dibanjiri Karangan Bunga

Selain pintu-pintu masuk tribune Stadion Kanjuruhan, Patung Kepala Singa di halaman stadion juga dibanjiri karangan bunga. Ada ucapan turut berbela sungkawa dari berbagai pihak.

Bukan cuma ucapan duka dari berbagau instansi pemerintahan dan perusahaan, ada pula ucapan dari aejumlah kelompok suporter lain di Indonesia. Dari sekian banyak, ada pula ucapan dari rival Aremania, Bonekmania.

Tepat di depan patung kepala bunga juga terdapat taburan bunga. Sejumlah orang memanjatkan doa dan tahlil di sana.

Di area ini tiap malam selepas waktu Isya’ juga digelar doa bersama yang diinisiasi Aremania Kanjuruhan. Rencananya kegiatan itu digelar hingga hari ke-7, Jumat (7/10/2022) malam untuk mendoakan arwah Aremania yang gugur.