Tak Punya Waktu untuk Mengetes VO2max Pemain Arema

Pelatih Javier Roca tak punya waktu untuk mengetes VO2max pemain Arema meski kini sedang libur kompetisi, yang tersisa sembilan hari. Sebab, menurutnya, hal itu butuh waktu di antara masa persiapan jelang lawan Persebaya Surabaya di Liga 1 2022-2023 Pekan 11, Sabtu (1/10/2022).

Yang dimaksud VO2max adalah volume maksimal O2 (oksigen) yang diproses oleh tubuh manusia pada saat melakukan kegiatan yang intensif. Volume O2max ini adalah suatu tingkatan kemampuan tubuh yang dinyatakan dalam liter per menit.

Mengetahui level VO2max pemain ini sebenarnya penting bagi seorang pelatih, termasuk Roca. Tujuannya, tentu untuk mengetahui siapa saja pemainnya yang mampu bertanding selama 2×45 menit.

“Sayangnya, tidak ada waktu untuk tes VO2max, itu butuh waktu dan juga tenaga ekstra. Itu seharusnya dilakukan di awal musim. Kalau tidak ada (data VO2max) di awal musim ya susah untuk maintenance,” kata Roca.

Mengetes VO2max Pemain Arema Butuh 2-3 Hari Khusus

Javier Roca menyebut, untuk melakukan tes VO2max, pihaknya butuh waktu dua-tiga hari. Artinya, tim pelatih harus memangkas masa persiapan untuk menghadapi Persebaya Surabaya yang sudah dijadwalkan selama sepekan.

Menurutnya, Arema bakal memulai masa persiapan melawan Persebaya pada Senin (26/9/2022). Sebab, hingga akhir pekan ini, skuad Singo Edan bakal menjalani sesi latihan fisik yang intensif.

“Tes VO2max itu butuh waktu dua-tiga hari. Sehari sebelum tes butuh istirahat, sehari setelah tes juga butuh istirahat dengan level latihan yang lebih ringan, Jadi, tidak bisa maksimal,” pungkas pelatih asal Chile ini.

Sebelum menginjak persiapan utama untuk lawan Persebaya Surabaya, Javier Roca fokus ke materi fisikal hingga akhir pekan ini. BACA: Namun, Javier Roca tetap menyelipkan materi latihan selain fisikal.