Arema Genjot Fisik Pemain dengan Cara yang Tak Biasa

Kuncoro Tahu Kualitas Rekrutan Anyar Arema
Muka-muka baru dalam sesi latihan Arema (C) WEAREMANIA

Tim pelatih Arema genjot fisik pemain hingga sesi latihan Rabu (7/4/2021) pagi. Hanya saja, cara yang dilakukan tergolong tidak biasa.

Asisten Pelatih Arema, Kuncoro menjelaskan, program latihan fisik ini menjadi fokus pembenahan mereka sambil menunggu pelatih kepala datang. Utamanya sebelum bulan Ramadhan, fisik penggawa Singo Edan terus digenjot.

Namun, Kuncoro tak melulu memberikan latihan fisik yang monoton layaknya menu latihan dari pelatih fisik khusus seperti Dusan Momcilovic atau Marcos Gonzalez musim-musim sebelumnya. Latihan fisik kali ini dilakukan dengan bola.

“Kita ambil endurance hari ini, tapi latihan fisiknya dengan bola. Dalam bentuk small game agar pemain tidak bosan,” kata Kuncoro.

Tujuan Lain Arema Genjot Fisik dengan Bola

Kuncoro menyebut program latihan fisik dengan bola ini dapat mengelabuhi pemain. Dendi Santoso dan kawan-kawan seolah tak terasa sedang digenjot fisiknya.

Jadi, separuh awal dalam durasi waktu latihan diisi latihan fisik untuk meningkatkan endurance. Kemudian, separuhnya diisi dengan game situasional, misalnya finishing.

“Disetting seperti ini selain agar tidak bosan, pemain juga tak terasa kalau latihan fisik. Bisa dilihat dari situasi finishing, mereka kan kesulitan kalau capek. Tujuan kami agar pemain tahu, ya seperti itu kalau main bola tanpa modal fisik, salah satunya kesulitan dalam finishing karena tidak punya tenaga,” pungkasnya.