REVIEW Kalteng Putra 4-2 Arema FC: Sial!

REVIEW Kalteng Putra 4-2 Arema FC SIAL!
REVIEW Kalteng Putra 4-2 Arema FC (C) @AremafcOfficial
4 - 2
Waktu Selesai

Detail

TanggalTimeLigaMusimWaktu SelesaiPenonton
7 Agustus 2019 18:3018:30Liga 1201990'4576

Perangkat Pertandingan

WasitAsisten Wasit 1Asisten Wasit 2Wasit Cadangan
Dwi SusiloMuchamad SyamsuriAhmad Fauzi RahmanOki Dwi Putra

Pekan ke-13 Liga 1 2019 ternyata benar-benar menjadi pekan sial bagi Arema FC yang harus tersungkur di kandang Kalteng Putra, Rabu (7/8/2019) malam. Bermain di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, skuat Singo Edan kalah dengan skor 4-2.

Jalannya Babak Pertama

Babak pertama baru dimulai tiga menit, jala gawang Arema sudah terkoyak oleh gol Patrich Wanggai. Sebuah tembakan kaki kiri Diogo Campos mampu dibelokkannya ke gawang lawan, sehingga kiper Arema, Kartika Ajie salah langkah dalam mengantisipasi bola.

Unggul 1-0, tim tuan rumah kian gencar melakukan serangan. Peluang kembali didapat di menit 11, kali ini oleh Gustavo Heidipo lewat tendangan bebas yang sedikit melebar ke sisi kiri gawang Arema.

Peluang pertama Arema datang melalui aksi Rifaldi Bawuoh di menit 16′. Berawal dari Makan Konate yang mampu merebut bola tak jauh dari garis kotak penalti Kalteng Putra, bola dikirimnya ke sisi kiri. Sekali gocek, sepakan kaki kiri Rifaldi membuat bola melebar ke sisi kiri gawang yang dijaga David Ariyanto.

Selang satu menit, peluang menyamakan skor kembali didapat Arema. Kali ini giliran Konate yang mencoba memaksimalkan umpan tarik Dendi Santoso dengan tandukannya yang masih menyamping di sisi kanan gawang Kalteng Putra.

Rifaldi kembali membuang peluang timnya menyamakan kedudukan di menit 26′. Naluri striker membuatnya melepaskan tembakan jarak jauh dari luar kotak penalti yang sayang masih meninggi di atas gawang lawan.

Sama halnya dengan peluang Hanif Sjahbandi yang terbuang percuma di menit 34′. Lewat sepakan voli, bola justru mengarah jauh ke atas gawang Kalteng Putra.

Ahmad Nur Hardianto akhirnya menyamakan skor menjadi 1-1 lewat golnya di menit 37′. Sebuah kemelut hasil dari tendangan bebas Makan Konate, bola disambut tandukan Arthur Cunha yang ditepis kiper David. Bola liar disambar dengan kaki kiri oleh Hardianto.

Tak butuh waktu lama bagi Kalteng Putra untuk kembali unggul 2-1 atas tim tamu di menit 39′. Sebuah serangan cepat dilakukan melalui kaki Diogo yang mengirim umpan kepada Gustavo. Dengan kaki kanan luar, bola disambarnya tanpa mampu dihadang Ajie.

Lima menit jelang turun minum, Hanif mendapatkan peluang lewat sepakan kerasnya dari luar kotak penalti. Bola menyusur tanah itu ditepis dengan sigap oleh David ke kiri gawangnya.

Memasuki menit tambahan waktu babak pertama, Konate nyaris menjebol gawang Kalteng Putra. Sayang, tendangan roketnya dari luar kotak penalti ternyata masih mampu ditepis ke atas mistar gawang oleh David.

Jalannya Babak Kedua

Babak kedua dimulai, Arema langsung menggebrak. Terbukti di menit 51′, sebuah umpan datar Dendi mengarah ke mulut gawang, namun gagal disontek Hardianto yang berlari kencang.

Sebuah umpan terobosan Konate kepada Dendi di menit 62′ juga sempat membahayakan gawang Kalteng Putra. Namun, kiper David lebih sigap mengamankan bola sambil menjatuhkan diri keluar dari sarangnya.

Sial! Alih-alih mencetak gol tambahan, gawang Arema kembali kebobolan di menit 63′, lagi-lagi melalui jasa Wanggai. Serangan balik cepat dari rusuk kanan gawang Arema sanggup dijadikan umpan manis oleh Gede Sukadana. Umpan itu diterima Wanggai, sedikit gocek menipu Ajie, dengan kaki kiri bola dikirim ke gawang Arema.

Tertinggal 3-1, pelatih Arema, Milomir Seslija bereaksi dengan memasukkan Nasir menggantikan Alfin Tuasalamony di menit 72′. Dua menit kemudian, Rifaldi ditarik keluar, digantikan oleh Riky Kayame.

Pada menit 76′, Diogo benar-benar menambah petaka bagi Arema lewat gol indahnya dengan back header. Berawal dari umpan panjang dari sayap kanan oleh Rizky Dwi, bola sundulannya gagal dijangkau kiper Ajie.

Arema mencoba lebih agresif dalam melakukan serangan di menit 79′. Terbukti, stopper Ikhfanul Alam digantikan oleh Muhammad Rafli yang seorang gelandang serang.

Konate sempat menciptakan asa bagi Arema lewat golnya di menit 82′. Umpan tarik dari Dendi di rusuk kiri pertahanan Kalteng Putra mampu disundulnya mirip dengan gol Diogo sebelumnya.

Arema kian gencar mengejar ketinggalan skor 4-2 memasuki lima menit terakhir. Bahkan, menit tambahan waktu empat menit gagal membuat mereka mengubah papan skor.

Daftar Susunan Pemain Kalteng Putra vs Arema FC.

Kalteng Putra: David Ariyanto, Kevin Gomes, OK Jhon, Rafael Bonfim, Rizky Dwi, Gustavo Hedipo, Fajar Handika, Gede Sukadana, Diogo Campos, Yohanes Pahabol, Patrich Wanggai.
Pelatih: Gomes de Olivera.

Arema FC: Kartika Ajie, Agil Munawar, Arthur Cunha, Ikhfanul Alam, Alfin Tuasalamony, Hendro Siswanto, Hanif Sjahbandi, Makan Konate, Dendi Santoso, Rifaldi Bawuoh, Ahmad Nur Hardianto.
Pelatih: Milomir Seslija.