Lega, ITC Elias Alderete Akhirnya Terbit

Elias Alderete Terobsesi Cetak Banyak Gol untuk Arema
Elias Alderete Saat Melawan Barito

Manajemen Arema memastikan sudah dapatkan International Transfer Certificate atau ITC Elias Alderete. Penyerang asal Argentina itu sudah disahkan untuk bermain di Liga 1 2020.

Sebelumnya, Elias gagal menjalani debut untuk Arema bersama Matias Malvino di laga perdana Liga 1 2020 melawan PS TIRA-Persikabo (2/3/2020) karena terganjal ITC. Punya Matias sudah keluar di hari yang sama pada hampir tengah malam, sedangkan punya Elias belum.

Media Officer Arema, Sudarmaji menjelaskan, Elias sudah lolos proses verifikasi data dari PSSI, sehingga proses diteruskan pada AFA. Namun, karena status perpindahannya dari klub Argentina, Chacarita adalah pinjaman (loan), maka prosesnya agak lebih panjang dari Matias.

“Alhamdulillah, ITC Elias sudah keluar per hari ini (5/3/2020), pukul 08.00 WIB. Secara administrasi sudah sah, dan bisa dimainkan di pekan kedua melawan Persib Bandung (8/3/2020),” ujar Sudarmaji kepada WEAREMANIA.

Proses Arema Dapatkan ITC Elias Alderete Berbelit

Sudarmaji memaparkan, Arema sudah mengajukan nama Elias kepada PSSI dan Transfer Matching System (TMS) FIFA sejak 14 Februari. Karena banyak dokumen yang masih harus dilengkapi, prosesnya tertunda. Apalagi, Sudarmaji memaklumi jika pemain berusia 24 tahun itu belum pernah bermain di klub luar Argentina, sehingga masih belum pengalaman mengurus surat-surat yang dibutuhkan.

Pada 22 Februari, ada revisi TPO (surat pernyataan tak ada tunggakan gaji dari Chacarita kepada Elias), juga tambahan dokumen lain dari agen pemain. Karena statusnya loan, AFA harus mengonfirmsi status loan itu kepada Chacarita dulu sebelum mengeluarkan ITC.o

Proses konfirmasi dari AFA baru dijawab oleh Chacarita sehari berikutnya, 28 Februari, di mana mereka membenarkan jika Arema meminjam Elias. Selang sehari, 29 Februari AFA menyampaikan kepada PSSI jika Chacarita menyetujui permohonan loan dari Arema. Lalu, pada 1 Maret, giliran PSSI yang mengonfirmasi kepada AFA untuk status ITC Elias.

“Dengan keluarnya ITC Elias Alderete ini, manajemen¬†Arema¬†berterimakasih kepada federasi sepak bola Argentina (AFA), PSSI, dan Chacarita (klub Elias sebelumnya),” tegasnya.