Ponaryo Astaman: Arema Memenuhi Persyaratan Jadi Tim Juara

Ponaryo Astaman Arema Memenuhi Persyaratan Jadi Tim Juara
Ponaryo Astaman Arema Memenuhi Persyaratan Jadi Tim Juara

Ponaryo Astaman turut angkat bicara terkait peluang Arema menjadi juara di Liga 1 2019. Pesepak bola kelahiran Balikpapan itu menilai Arema memenuhi persyaratan jadi tim juara.

Diam-diam, Ponaryo yang pernah memperkuat lini tengah Arema di musim 2007-2008 itu masih mengamati performa Arema. Menurutnya, penampilan skuat Singo Edan beberapa musim terakhir masih konstan.

Namun, menurutnya ada beberapa hal yang masih harus diperbaiki oleh tim pelatih. Meski demikian, peluang untuk menjadi juara kompetisi musim ini masih terbuka lebar.

“Saya pikir, kalau dari materi pemain semua sudah baik, tim pelatih juga. Saya rasa Arema memenuhi persyaratan jadi tim juara. Tinggal bagaimana mempertahankan konsistensi saja,” ungkap Ponaryo ditemui di Stadion Kanjuruhan Malang.

Pentingnya Menjaga Konsistensi

Ponaryo yang ke Malang untuk memberikan penghargaan pemain terbaik kepada gelandang Arema, Makan Konate, mengungkapkan pentingnya menjaga konsistensi. Selain menjadi tugas pelatih, Ponaryo menegaskan dibutuhkan peran dan komitmen dari pemain agar tim bisa tampil konsisten.

Dalam beberapa kesempatan, menurutnya penampilan Arema bisa sangat bagus, dengan serentetan kemenangan. Namun, seperti tiga pekan terakhir, grafik penampilan Arema bisa terlihat menurun, dengan menderita satu kekalahan di laga tandang dan dua kali hasil imbang saat bermain di kandang sendiri.

“Sekarang bagaimana menjaga grafik performa sepanjang musim. Selain tugas pelatih, pemain Arema juga harus punya target yang tinggi sesuai dengan target yang diberikan kepada pelatih. Motivasi tidak datang dari manajemen atau pelatih saja, tapi dari pemain sendiri.

Waspadai Pesaing di Lima Besar

Ponaryo menyebut peluang Arema untuk menjadi juara masih sangat terbuka, karena masih ada banyak pertandingan di sisa putaran kedua. Nanun tantangan akan datang dari tim-tim penghuni lima besar klasemen sementara saat ini.

“Melihat performa tim saya rasa Arema bisa bersaing sebagai salah satu tim yang bisa diperhitungkan untuk bisa menjadi juara musim ini. Tapi persaingan ketat akan datang dari tim-tim di lima besar. Kalau mampu menjaga konsistensi, Arema bisa bersaing mendapatkan gelar juara,” tegas pria 40 tahun itu.