Joao Paulo Tak Butuh Latihan Fisik Khusus untuk Pemain Arema

Joao Paulo Urbano Moreira mengaku tak butuh latihan fisik khusus untuk pemain Arema di masa pramusim. Pelatih fisik Arema itu memang menyebut latihan fisik penting di masa pramusim, tapi bisa dilakukan secara normal.

Sejak memberikan materi latihan fisik dalam sesi latihan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Kamis (19/5/2022) lalu, Paulo sudah mengamati kondisi fisik pemain Arema. Menurutnya, ada sebagian pemain yang sudah bagus, dan sebagian lagi butuh peningkatan segera.

Namun, rencananya, sesi latihan fisik tidak akan dilakukannya secara terpisah dari rangkaian jadwal latihan rutin yang sudah disusun. Terkecuali untuk latihan gym di pusat kebugaran yang digelar satu kali dalam seminggu.

“Tidak ada menu spesial untuk latihan fisik ini, pemain cuma butuh latihan dengan normal, dengan intensitas normal, dan serius membentuk level kondisi fisik terbaik,” kata Paulo.

Tak Ada Latihan Fisik Khusus untuk Pemain Arema Tak Masalah

Joao Paulo menyebut tak masalah meski tak ada sesi latihan fisik khusus yang digelar untuk para pemain Arema. Jika para pemain serius dan bersungguh-sungguh melakukannya dalam sesi latihan normal, maka itu sudah lebih dari cukup.

Jika pemain tidak serius melakukan materi latihan fisik yang diberikan dalam sesi latihan normal, maka mereka harus bersiap merasakan kerugiannya. Jika tujuan level kondisi yang ditargetkan tidak tercapai di pramusim, maka hal itu akan berpengaruh terhadap performa pemain di kompetisi nanti.

“Saya pikir tidak butuh latihan fisik terpisah, prosesnya normal saja dalam sesi latihan rutin sudah cukup. Asal pemain bisa belajar dari materi yang diberikan, maka hasilnya bisa dilihat dari level kondisi fisik pemain di kompetisi,” imbuhnya.

Pengalaman Pertama di Indonesia

Bekerja di Indonesia sebagai pelatih fisik menjadi pengalaman pertama Joao Paulo. Namun, pelatih berusia 35 tahun itu mengaku sudah pernah menjadi pelatih fisik di negara Asia sebelumnya.

“Ini pertama kalinya saya di Indonesia, tapi bukan yang pertama kali di Asia. Tapi maaf, saya belum tahu banyak tentang Arema sebelumnya. Saya hanya tahu ini klub besar di Indonesia, yang selalu mencoba melakukan yang terbaik untuk kemenangan,” tandasnya.

Joao Paulo sudah punya rencana dan program latihan saat ditunjuk menjadi pelatih fisik Arema. BACA: Dengan target meningkatkan level kondisi fisik pemain Arema, begini rencana Joao Paulo.

---
Subscribe channel Youtube kami, ikuti kami di Instagram dan gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Arema dan Aremania.